14.07

JANJI TUHAN SELALU DIGENAPI

“ Berkatalah Yosua kepada bangsa itu: "Kuduskanlah dirimu, sebab besok TUHAN akan melakukan perbuatan yang ajaib di antara kamu” (Yosua 3:5).

Israel diperintahkan untuk menjaga jarak antara tabut Tuhan dengan mereka, sejauh dua ribu hasta. Dengan kata lain, mereka harus berjalan dengan tetap berfokus pada tabut Allah itu. Tabut Allah berarti hadirat Tuhan dan apabila kita berjalan menurut pimpinanNya, sudah pasti kita tidak akan pernah salah melangkah dan Dia selalu menuntun kita kepada jalan yang benar. Namun, seringkali kita hidup dengan mengandalkan kekuatan kita sendiri.

Hal kedua yang harus diperhatikan oleh Israel, agar karya Tuhan semakin nyata adalah: “Kuduskanlah dirimu sebab besok Tuhan akan melakukan perbuatan yang ajaib diantara kamu” (Yosua 3:5). Kekudusan adalah syarat mutlak yang harus dimiliki oleh anak-anak Tuhan, sebab tanpa kekudusan kita tidak akan layak dihadapan Tuhan.

Setelah umat Israel dibawah pimpinan Yosua, mau mengikuti petunjuk Tuhan, maka hal yang luar biasa benar-benar terjadi ditengah-tengah mereka. Demikianlah firman Tuhan, “Segera sesudah para pengangkat tabut itu sampai ke sungai Yordan dan para imam pengangkat tabut itu mencelupkan kakinya kedalam air di tepi sungai itu, sungai Yordan itu sebak sampai meluap sepanjang tepinya selama musim menuai, maka berhentilah air itu mengalir” (Yosua 3:15-16).