13.49

Bagaimana Menikmati Anugerah Tuhan

Pengkhotbah 6:1-2

Semua orang ingin diberkati. Tetapi Alkitab mengatakan adalah suatu kemalangan apabila seorang diberkati dengan kekayaan, harta, pangkat, kemuliaan, tetapi tidak diberkati dengan peluang untuk menikmati berkat-berkat itu. Menikmati berkat dalam dunia ini adalah karunia Tuhan. Pengkhotbah 5:18. Suatu kemalangan bila tidak bisa menikmati sesuatu yang kita peroleh. Hidup anak-anak Tuhan berada dalam satu lingkaran yang bernama ANUGERAH. Ada orang Kristen rajin beribadah, banyak memuji Tuhan, tetapi hatinya selalu kecewa, banyak mengeluh, hatinya tidak pernah puas, hatinya tidak pernah menikmati anugerah. Orang-orang seperti ini malang.

Amsal 17:1. Menikmati makanan bukan tergantung kepada jenis makanannya tetapi apakah kita senang memakannya. Lebih baik sepotong roti yang kecil tetapi senang, tentram, daripada makan daging tetapi dalam suasana perbantahan. Oleh sebab itu kita perlu karunia Tuhan untuk dapat menikmati pekerjaan kita, bisnis kita, keluarga kita, properti kita, dll.

Cara agar kita bisa menikmati semua berkat Tuhan ialah :

1. Bersyukur karena kita mempunyai Yesus. I Tesalonika 5:18.

I Tesalonika 5:18 berbunyi "mengucap syukurlah dalam segala hal..." Mengucap syukur yang pertama adalah mengucap syukur karena kita mempunyai Yesus. Yesus adalah sumber semua kasih karunia, semua berkat. Sebelum kita bisa berterimakasih kepada Yesus kita tidak akan puas dengan apa saja yang kita nikmati. Semua pangkal daripada menikmati anugerah Allah itu adalah syukur kepada Tuhan. Kalau anda bisa bersyukur untuk Yesus maka anda bisa bersyukur untuk isteri, anak-anak, maupun dengan penghasilanmu. Kalau kita punya Yesus, maka berapapun yang kita miliki, Tuhan sanggup memberikan kuasa kepada kita untuk mengelolanya dan menikmatinya. Semua yang kita miliki adalah pemberian Tuhan. Pemberian Tuhan yang besar adalah keselamatan. Keselamatan adalah di atas segala-galanya. Hanya iblis selalu membuat kita lupa bahwa keselamatan jauh lebih bernilai dari uang ataupun berkat material. Pujian dan penyembahan adalah ekpresi dari ucapan syukur kepada Tuhan. Kolose 3:16.

2. Jangan lalai membawa persembahan-persembahan yang Tuhan tentukan dalam FirmanNya. Keluaran 22:29.

Bagi orang Israel anak sulung itu merupakan harta utama, di atas segala-galanya. Jangan lalai mempersembahkan yang terutama kepada Tuhan. Anda mempunyai rumah baru, mobil baru, sepeda motor baru, ataupun dapat pekerjaan baru, jangan lalai mempersembahkan korban syukur, korban hasil utama, persepuluhan, kepada Tuhan. Seringkali kita lalai membawa persembahan kepada Tuhan dan berakibat buruk, kita tidak bisa menikmati berkat-berkat itu. Berikan selalu yang terutama kepada Tuhan.

3. Jangan lupa berbuat baik dan memberi bantuan. Ibrani 13:16 .

Alkitab selalu disampaikan bukan untuk memberatkan kita melainkan untuk memberkati. Berbuat baik dan memberi bantuan adalah perbuatan yang berkenan kepada Tuhan maka tentu sekali kepada orang yang melakukannya Tuhan memberikan karunia untuk menikmati. Jika saudara lihat ada orang yang perlu dibantu dan saudara mampu membantunya, berilah, jangan tahan-tahan, karena ini kunci untuk menikmati berkat-berkat yang akan datang dan yang sekarang sudah ada.

Yesus Kristus yang membuat kita menang, kita berhasil, kita sukses. I Korintus 15:57. Bersyukurlah selalu karena kita mempunyai Yesus. Giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan sebab jerih payahmu tidak sia-sia. I Korintus 15:58. Tuhan memberkati untuk memberkati.