13.37

Karakter Tuhan Yesus Penerobos

1 Tawarikh 14:8-11
(8) Ketika didengar orang Filistin, bahwa Daud telah diurapi menjadi raja atas seluruh Israel, maka majulah semua orang Filistin untuk menangkap Daud. Tetapi Daud mendengar hal itu, lalu majulah ia menghadapi mereka.
(9) Ketika orang Filistin itu datang dan mengadakan penyerbuan di lembah Refaim,
(10) bertanyalah Daud kepada Allah: "Apakah aku harus maju melawan orang Filistin itu dan akan Kauserahkankah mereka ke dalam tanganku?" TUHAN menjawab: "Majulah, Aku akan menyerahkan mereka ke dalam tanganmu."
(11) Lalu majulah ia ke Baal-Perasim, dan Daud memukul mereka kalah di sana. Berkatalah Daud: "Allah telah menerobos musuhku dengan perantaraanku seperti air menerobos." Sebab itu orang menamakan tempat itu Baal-Perasim.

Lembah Refaim -> tempat di mana Daud terbelenggu, di mana Filistin mengerahkan seluruh kekuatannya. Tidak jauh dari lembah tersebut, ada Baal Perasim -> Allah adalah penerobos. Ini adalah janji Allah. Di tengah-tengah bencana tersebut, seperti janji Allah, tidak jauh dari lembah kehidupan tersebut, Allah akan menerobos.

Sebelum Allah menerobos, dia menunggu kita untuk mengalami terobosan di dalam hati dan pikiran kita. Karena bagi Allah membuat mujizat seperti membalikkan tanganNya.

Ayat. 11 -> Allah akan membuat terobosan dengan perantaraan kita juga.

Hosea 6:1
"Mari, kita akan berbalik kepada TUHAN, sebab Dialah yang telah menerkam dan yang akan menyembuhkan kita, yang telah memukul dan yang akan membalut kita.

Untuk mengubah standar pikiran kita Allah perlu membanting kita. Allah akan sangat bergirang ketika tahu bahwa standar pikiran kita berubah.

Mintalah kepada Tuhan berlimpah-limpah, tidak hanya secukupnya. Terobosan terjadi saat pola pikir kita berubah. Ubahlah standar kita dengan standar Allah. Dalam pikiran Allah, kita akan dipakai untuk Kerajaan Surga

Yesaya 55:8-9
(8) Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.
(9) Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

Mazmur 103:11
tetapi setinggi langit di atas bumi, demikian besarnya kasih setia-Nya atas orang-orang yang takut akan Dia;

Jika dengan kekuatan kita merubah pola pikir kita sendiri, hal itu sangatlah mustahil. Tetapi ketika kita menyerahkan perubahan pola pikir kita kepada Tuhan, hal itu akan terjadi

1 Petrus 1:18
Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,
Yang bisa merubah pikiran kita adalah firman Allah. Jangan hanya membaca, tetapi cintai, perkatakan dan renungkan firman Allah

Efesus 2:10
Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Amsal 11:24
Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan.