13.33

Menjadi Pelaku Firman

Yohanes 14:15-19
14:15 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.14:18 Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.14:19 Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamu pun akan hidup.
Tanda orang yang mengasihi Yesus adalah orang yang melakukan perintah Yesus (ay.15), yaitu kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu, jiwamu, dan akal budimu, dan yang kedua adalah mengasihi sesamamu manusia seperti kita mengasihi diri sendiri. Tugas tersebut hanya dapat dilakukan dengan bantuan Roh Kudus.

Yehezkiel 36:27
36:27 Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.
Roh Kudus diam di dalam kita dan menyertai kita dengan tujuan membuat kita hidup menurut segala perintah dan tetap berpegang kepada peraturan dan melakukan segala perintah Tuhan. Roh Allah yang di dalam hidup kita membuat hidup kita berubah, menjadi pelaku firman. Roh Kudus membuat kita mampu melakukan firman, tidak hanya berbicara firman

Ketika kita mempunyai kepenuhan Roh Kudus:
1. Roh Kudus akan mengajar kita melakukan dan mengingatkan perkataan-perkataan yang telah Yesus katakan.
Yohanes 14:26
14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.
2. Menginsafkan dunia akan dosa (menjadi sensitive terhadap dosa)
Yohanes 16:8
16:8 Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;

Pengurapan telah kita terima dan tetap ada di dalam hidup kita Pengurapan akan mengajar kita, membuat kita tetap tinggal di dalam Kristus. Ketika kita menghadapi masalah, Roh Kudus akan mengajar kita.
I Yohanes 2:27
2:27 Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu -- dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta -- dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia.

Hidup berkelimpahan adalah meskipun kita tidak mempunyai apa-apa, Tuhan tetap memelihara kita.

Filipi 2:13
2:13 karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.
Tuhan yang memberikan kemauan maupun pekerjaan kepada kita menurut kerelaanNya. Jika Tuhan meminta kita melakukan sesuatu, tidak ada yang membuat kita pusing, karena Tuhanlah yang menyediakan seluruh hal yang kita butuhkan.
I Yohanes 5:3
5:3 Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat,
Roh Allah yang ada di dalam hidup kita. Segala sesuatu yang kita kerjakan karena Allah yang mengerjakannya di dalam hidup kita akan terasa ringan. (I Yohanes 5:3)

I Korintus 13:8-13
13:8 Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.13:9 Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna.13:10 Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu akan lenyap.13:11 Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak-kanak, aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu.13:12 Karena sekarang kita melihat dalam cermin suatu gambaran yang samar-samar, tetapi nanti kita akan melihat muka dengan muka. Sekarang aku hanya mengenal dengan tidak sempurna, tetapi nanti aku akan mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal.13:13 Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

Kolose 3:23-24
3:23 Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.3:24 Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya.
Ketika kita mengasihi sesama seperti mengasihi Tuhan, kita akan mendapatkan upah dari Tuhan. Tuhan akan menyertai kita. Segala sesuatu yang kita lakukan, lakukanlah seperti untuk Tuhan, karena dari Tuhanlah kita akan mendapat upah.

Yohanes 14:23
14:23 Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
Jika kita melakukan firmanNya, kita mengasihi Yesus dan ketika kita mengasihi Yesus, Allah tritunggal akan mengasihi kita. Allah akan menyertai kita, maka kita tidak akan kekurangan. Apa pun yang kita kerjakan akan menjadi berhasil dan beruntung.
I Korintus 2:9
2:9 Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia."
Ketika kita menjadi pelaku firman, kita akan mendapatkan upah dari Tuhan yang kekal:
1. Mendapatkan penyertaan Tuhan
2. Apa pun yang kita lakukan pasti berhasil
3. Apa yang tidak pernah timbul semua yang terbaik sudah Tuhan sediakan buat kita

II Korintus 3:5
3:5 Dengan diri kami sendiri kami tidak sanggup untuk memperhitungkan sesuatu seolah-olah pekerjaan kami sendiri; tidak, kesanggupan kami adalah pekerjaan Allah.

Yohanes 16:13-15
16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. 16:14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.16:15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku."
Roh Kudus bekerja hanya untuk memuliakan Tuhan. JIka Roh Kudus ada di dalam diri kita, Ia akan memuliakan Tuhan, karena apa yang Roh Kudus perkatakan kepada kita adalah perkataan dari Tuhan Yesus. Jika kita hidup dalam firman, kita hidup dalam kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kita. Hidup kita akan dikejar berkat.