14.12

Different Spirit

Alkitab menuliskan bahwa pada masa itu Tuhan berjanji kepada bangsa Israel untuk memberikan tanah Kanaan yang penuh dengan kelimpahan kepada mereka.
Bilangan 13:1-4; 14:24

Alkitab menuliskan bahwa pada masa itu Tuhan berjanji kepada bangsa Israel untuk memberikan tanah Kanaan yang penuh dengan kelimpahan kepada mereka. Oleh sebab itu dipilihlah perwakilan satu orang dari tiap-tiap suku (12 suku) untuk melaksanakan misi pengintaian. Alkitab menuliskan bahwa pada waktu tugas itu diberikan, respon yang diberikan mereka ternyata berbeda-beda, sehingga pada misinya hanya tertinggal 2 orang saja yang akhirnya dapat masuk ke dalam “kelimpahan” sementara yang lain tidak, bahkan mereka mati kena tulah.

Demikian juga dengan kerinduan Allah kepada semua orang percaya. Allah rindu mencurahkan kelimpahan dalam kehidupan setiap kita. Waktu kita menerima janji Tuhan, respon yang benar sangat diperlukan supaya janji Tuhan dapat digenapi. Kalau kita bersungut-sungut, mengeluh, pesimis, maka kita sedang mempersulit diri kita sendiri untuk mengalami penggenapan dari janji Allah. Firman Tuhan dalam Bil 14:24 berkata,”Tetapi hambaKu Kaleb karena lain jiwa yang ada padanya dan ia mengikut Aku sepenuhnya, akan Kubawa masuk ke negeri yang telah dimasukinya itu, dan keturunannya akan memilikinya.” Dalam teks bahasa Inggris dituliskan: “dia memiliki Roh yang berbeda.” Roh yang ada pada Kaleb dianggap berbeda, karena tidak sama “cara menanggapinya” dengan pengintai-pengintai yang lain sehingga Tuhan membawa Kaleb dalam kelimpahan.


Orang-orang yang dimaksudkan dalam Bil 14:24 adalah orang-orang yang mengikut Tuhan dengan sepenuhnya, tidak tanggung-tanggung dan tidak berpura-pura. Siapakah mereka? Mereka adalah orang-orang yang memiliki sesuatu yang berbeda dengan orang-orang yang lain. Melalui kebenaran firman ini, kita melihat sesuatu yang berbeda dalam diri Kaleb yang tidak dimiliki oleh pengintai-pengintai yang lain sehingga kelimpahan daripada Tuhan menjadi bagian kehidupannya, yaitu:

1. Different Spirit
Orang yang ikut Tuhan sepenuhnya adalah orang-orang yang mempunyai visi. Mengapa? Sebab visi itulah yang membuat mereka bisa melihat situasi-situasi yang ada di depan. Raksasa-raksasa yang dilihat oleh kedua belas pengintai itu tentu saja membuat mereka gemetar, tetapi bagi Kaleb dan Yosua, di dalam ketakutannya mereka tetap menaruh percaya bahwa kebesaran Tuhan dapat mengatasi raksasa-raksasa tersebut. Kalau Tuhan sudah memberi visi, itu artinya bahwa Tuhan sedang bermaksud untuk membawa kita ke arah visi itu. Yang menjadi bagian kita adalah tetap teguh percaya bahwa kita pasti akan sampai kepada janji Tuhan.

Disamping memiliki visi dari Tuhan, Kaleb juga beriman. Dalam Bil 13:30, kita jelas melihat iman dari pada Kaleb. Firman Tuhan dalam Bil 13:30 berkata,”…Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!” Ucapan Kaleb dalam Bil 14:9 juga merupakan gambaran dari hidup orang yang mengikut Tuhan sepenuhnya. Saudaraku, apapun pekerjaan yang kita kerjakan, berbisnis, membuka toko, menjadi karyawan suatu perusahaan, atau lainnya, tetap ucapkanlah iman dan bukan keluhan.

Selain mengikut Tuhan dengan sepenuhnya, Kaleb juga mengikut Tuhan dengan penuh ketekunan. Sekalipun mereka berputar-putar selama 40 tahun, tetapi mereka tetap tekun sampai akhirnya masuk ke dalam tanah perjanjian. Mungkin ada diantara kita yang berpikir bahwa kita sudah setia memberikan perpuluhan tetapi belum mengalami apa-apa. Ketahuilah, tetaplah tekun melakukan perintah-Nya, karena ada masanya ketekunan kita diuji dan dalam pengujian itu kita setia mengerjakan perintahNya, percayalah, Tuhan akan menggenapkan janjiNya dalam kehidupan kita.

Orang yang memiliki Different Spirit adalah orang yang memiliki semangat dan motivasi (man of encouragement). Diantara orang-orang yang pesimis, Kaleb selalu memberikan semangat dan motivasi “pasti bisa.” Kaleb percaya sepenuhnya kepada Tuhan yang memberikan janji sehingga hidupnya selalu termotivasi, apapun keadaannya. Kadang kala Tuhan ijinkan hal buruk untuk membuktikan apakah kita bisa tetap teguh dan terus memuji Dia. Ketahuilah, jika pada akhirnya Dia menemukan kita tetap teguh beriman akan janji Tuhan, maka Tuhan akan menganugerahkan kelimpahan dan hal-hal yang mulia dari keadaan buruk tersebut.

Orang yang memiliki Different Spirit adalah orang yang memiliki kesetiaan (man of loyalty). Kaleb membuktikan dirinya sebagai orang yang setia. Selain dirinya tetap percaya kepada Yosua, Kaleb terus berusaha membuat Yosua yakin. Pertanyaan bagi kita masing-masing, bagaimana dengan raport kesetiaan kita? Apakah tergantung keadaan atau situasi? Tuhan mau kita menjadi orang yang tegar, apapun keadaannya. Setialah untuk tetap memegang janji Tuhan. Dengan demikian, kita akan menerima semua janji Tuhan dalam hidup kita tepat pada waktuNya

2. Fighting Spirit
Firman Tuhan dalam Yos 14:10-11, Kaleb berkata,”Jadi sekarang, sesungguhnya Tuhan telah memelihara hidupku, seperti yang dijanjikanNya. Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya, sejak diucapkan janji firman Tuhan itu kepada Musa, dan selama itu orang Israel mengembara di padang gurun. Jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hari ini; pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk.” Hal ini berbicara tentang semangat yang ada di dalam hidup Kaleb. Orang yang ikut Tuhan sepenuhnya tidak mempermasalahkan berapapun usianya, ia tetap mempunyai Roh yang berjuang.

Orang yang memiliki Fighting Spirit adalah orang yang diberkati oleh Tuhan (man of blessing). Jika kita tetap memiliki semangat untuk mengikut Tuhan sepenuhnya, percayalah, Tuhan pasti mencurahkan berkat, penyertaan, dan pertolonganNya dalam kehidupan kita.

Biarlah kedua hal diatas, Different Spirit dan Fighting Spirit juga menjadi bagian kehidupan kita sehingga kita akan mengalami kelimpahan yang dari pada Tuhan. Amin. Tuhan memberkati.